UBP Karawang Targetkan 500 Proposal PKM Terkirim ke Dikti

Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang mengadakan pelatihan program kreativitas mahasiswa (PKM), Kamis (15/12).

Pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber yang kompeten. Antara lain Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Dr. Ujang Suwarna, M.Sc.F; Rektor UBP Karawang Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE.,MM; dan Wakil Rektor III UBP Karawang Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Uus MD Fadli, Ir.,SE.,MM.

Dalam paparannya, Dr. Ujang Suwarna, M.SC.F menuturkan, PKM mengandung banyak manfaat bagi mahasiswa. Salah satunya adalah peningkatan kapasitas “soft skill“. Bagi kampus, PKM bisa meningkatkan reputasi dan nama baik perguruan tinggi.

“Mahasiswa harus mampu menciptakan ide-ide kreatif. Karena itu jadi kunci PKM. Karena lewat kreativitas dan inovasi mahasiswa, segala permasalahan masyarakat bisa terbantu. Sebelum itu, mahasiswa harus bisa menyusun proposal PKM yang berkualitas,” katanya.

Sejalan dengan itu, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE.,MM menargetkan kampusnya bisa mengirim 500 proposal pengajuan PKM dalam setahun. Di UBP, kata Dedi, mahasiswa didorong untuk memiliki prestasi akademik dan mampu berpikir metodologis. Salah satunya adalah melalui PKM ini.

“Rata-rata dalam satu tahun, kami kirim 100 proposal. Kami dapat lah satu sampai dua proposal karena ketatnya persaingan. Kami betul-betul bersaing karena proposal yang dikirim dari seluruh negeri tidak dipilah antara perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri. Target kami tahun depan 500 proposal. Soal menangnya itu bukan urusan kami. Yang penting kami punya semangat untuk melakukan itu,” katanya.

Hal senada juga diucapkan Dr. Uus MD Fadli, Ir.,SE.,MM. Menurutnya, UBP memiliki banyak mahasiswa yang semangatnya bagus. Modal itu akan didorong melalui pelatihan. Para dosen akan membantu mahasiswa di pelatihan tersebut.

“Dalam pelatihan itu kami berharap bisa menemukan proposal-proposal PKM yang bagus. Kami akan lakukan seleksi lokal untuk menentukan mana yang akan lanjut dikirim ke Dikti. Dari 500 proposal PKM yang dikirim, target kami 10 persen di antaranya.

Sumber Berita: https://karawang.inews.id/read/224951/ubp-karawang-targetkan-500-proposal-pkm-terkirim-ke-dikti